0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Naiknya Harga Sembako Bukan Karena Isu Kenaikan Harga BBM

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Harga sejumlah komoditi bahan pokok mulai melambung naik. Meski banyak kalangan mengaitkan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok dengan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), namun Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menampik hal tersebut.

JK menilai kenaikan harga-harga kebutuhan pokok bukan semata-mata dipengaruhi rencana pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi. JK berpendapat, kenaikan harga bahan pokok disebabkan oleh beberapa faktor.

“Sembako naik itu bisa berbagai alasan, pertama ini musim kering sehingga cabe, sayur tak bisa tumbuh,” kata JK di Istana Wakil Presiden, Jumat (14/11).

Faktor lain yang mempengaruhi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok adalah kondisi nilai tukar rupiah yang terdepresiasi terhadap USD. Hal ini berpengaruh terhadap bahan pokok hasil impor.

“Kemudian karena barang impor karena rupiah melemah,” imbuh JK.

Sedangkan rencana pemerintah menaikkan harga BBM subsidi, lanjut JK, hanya sebagian faktor saja.

“(Naiknya harga-harga bahan pokok) Sebagian akibat perkiraan BBM naik, tapi itu hanya hal hal tertentu yang ada hubungan dengan angkutan dan minyak kalau katakanlah hal lain itu, seperti cabai-cabaian itu kelangkaan karena karena musim kering,” jelas JK.

Saat ini, harga minyak mentah dunia sedang turun, namun JK menilai kondisi tersebut tidak akan bertahan lama. Kondisi ini membuat pemerintah berhitung ulang untuk mengkalkulasi setiap opsi dan simulasi kenaikan harga BBM subsidi.

“Ya tentu disesuaikan dengan kondisi yang ada, walau pun kita yakini bahwa harga sekarang tidak akan bertahan lama karena bila harga turun banyak negara rugi. Tapi kalau kita kita naikkan tinggi pada saat harga turun tentu tidak bagus juga untuk masyarakat, kita sesuaikan dengan keadaan saat itu,” jelasnya. [lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge