0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Percepat Pemugaran RTLH, SKPD Gotong-Royong

Bupati Karanganyar Juliyatmono pimpin gotong-royong (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Untuk mempercepat  pengerjaan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Kaliboto, Kecamatan Mojogedang, Kamis (13/11), sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari Badan, Dinas dan Kantor di
Kabupaten Karanganyar terjun langsung ke lapangan, bahkan masing-masing SKPD mengerahkan beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang kemudian turun membantu pemugaran RTLH yang tersebar di sembilan dusun.

Tampak sejumlah pejabat tak segan-segan bahu membahu bergotong royong dengan warga. Seperti Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karanganyar Larmanto, tampak sibuk mengangkat genting dari atap rumah warga.

“Dengan gotong royong antara PNS dengan warga tersebut, dianggap dapat menumbuhkan semangat kesetiakawanan,” ujar Bupati Karanganyar Juliyatmono, yang meninjau sejumlah lokasi RTLH tersebut.

Juliyatmono berharap, selepas RTLH nantinya sesesai dipugar, dapat menjadi hunian yang nyaman bagi warga yang menempatinya. “Rumah yang dipugar supaya bisa lebih sehat. Atap, lantai, dan dinding diperbarui sehingga rumah menjadi layak huni,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermasdes) Kabupaten Karanganyar Utomo Sidi Hidayat menjelaskan masing-masing KK mendapatkan bantuan sebesar Rp 10 juta. Dana tersebut, dialokasikan untuk
pembangunan atap, lantai dan dinding dan langsung ditransfer ke rekening ketua kelompok.

“Tahun ini, Pemkab menyalurkan dana total sebesar Rp 5 miliar bagi 500 rumah yang tersebar di seluruh Karanganyar,” urainya.

Untuk Desa Kaliboto, terdapat sejumlah 20 KK yang mendapatkan bantuan RTLH. Masing-masing tersebar di Dusun Jatigading sebanyak satu rumah, Gulunan enam rumah, Ngeloasri satu rumah, Sidorejo tiga rumah, Pedakan dua rumah,
Ngemplak empat rumah, Karang dua rumah, dan satu rumah  di Randusari.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge