0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Obat Batuk Tidak Manjur Sembuhkan Batuk?

Batuk. (Dok:Timlo.net/Google Images)

Timlo.net—Apa yang dilakukan seseorang saat dia terkena batuk? Mereka pergi ke apotik atau toko untuk membeli obat batuk. Padahal ternyata bukti ilmiah yang menyatakan bahwa obat batuk yang dijual di pasaran efektif menyembuhkan penyakit itu.

Dr. Tim Ballard, wakil ketua dari Royal College of General Practitioners berkata: “Bukti medis di balik obat batuk lemah, dan tidak ada bukti bahwa mereka akan mengurangi durasi sakit.”

Jika batuk Anda disebabkan oleh infeksi virus, maka tidak ada cara cepat untuk menyembuhkan batuk itu. Padahal sebagian besar batuk yang dialami manusia disebabkan virus. Yang harus dilakukan hanyalah menunggu hingga sistem kekebalan tubuh membersihkan tubuh dari virus. Obat batuk tidak bisa mempercepat proses ini, tidak peduli seberapa ajaib bahan-bahan yang digunakan di dalamnya.

Sebuah ulasan terhadap 17 penelitian melibatkan 2.876 orang dewasa dan delapan penelitian melibatkan 616 anak-anak yang dilakukan oleh Cochrane Collaboration pada 2008 menemukan tidak ada bukti kuat bahwa dextromethorphan atau diphenhydramine, dua bahan umum yang terdapat pada obat batuk yang umum dijual di pasaran, bisa membantu menyembuhkan batuk.

“Kombinasi obat yang ada pada obat batuk itu bisa tidak logis. Misalnya ekspetoran yang memprodusi dahak, dengan peredam batuk yang menekan kecenderungan tubuh mengeluarkan dahak,”katanya.

“Hal ini seringkali membawa efek negatif seperti rasa pusing dan mual atau tidak ada efek sama sekali,” tambahnya.

Seorang juru bicara dari the Proprietary Association of Great Britain, yang mewakili para produsen obat batuk berkata: “Obat batuk tidak ‘menyembuhkan’ batu, tapi mereka bisa menolong meredakan gejala-gejalanya.”

Sementara departemen kesehatan UK, NHS menyarankan penderita batuk membuat obat sendiri yang terdiri dari madu dan jeruk.

“Madu adalah penawar rasa sakit, yang melapisi tenggorokan dan meredakan iritasi yang menyebabkan batuk,” tulis NHS dalam situs mereka. Sementara jeruk digunakan hanya untuk mempertajam rasa.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge