0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karikatur Jokowi Jadi ‘Juru Masak’

Karikatur pemimpin dunia dalam koran Courier Mail (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Brisbane, Australia. Setelah selesai melawat ke Myanmar, Jokowi siap bertolak ke Australia, Jumat (14/11).

Salah satu koran terbesar Australia, The Courier Mail, dalam edisi khusus hari ini menggambarkan Presiden Jokowi sebagai tukang masak.

Judul halaman depan koran itu tertulis “Selamat datang di surga dunia”. Wajah-wajah pemimpin dunia diedit sedemikian rupa, dipasangkan ke badan orang-orang yang terlihat menghadiri pesta pantai.

Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama digambarkan telanjang dada, hanya mengenakan celana boxer, terkesan siap bersenang-senang. Sedangkan Perdana Menteri India, Narendra Modi terlihat seperti usai memancing lalu memamerkan ikan besar.

Dari 19 pemimpin dunia itu, cuma Presiden Jokowi yang digambarkan memasak di tengah pesta. Dia mengenakan celemek khas pembantu sambil mengenakan peci. Dengan wajah tersenyum, Jokowi dikesankan girang melayani para pemimpin lainnya dalam pesta tersebut.

Belum diketahui respon WNI yang tinggal di Australia atas tampilan laman muka Courier Mail. Tanggapan Jokowi atas cover editan itu juga belum diketahui.

Forum G-20 berlangsung selama 15-16 November. Ini akan menjadi akhir dari tur internasional perdana Jokowi setelah dilantik sebagai presiden bulan lalu.

Pada pertemuan kali ini, para pemimpin negara utama dunia akan membahas upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi global.

Dari keterangan Kementerian Luar Negeri, Presiden Jokowi akan diminta berbicara dalam forum terhormat itu. Terutama, mengenai pengalaman menjalankan reformasi birokrasi semasa jadi pemimpin Solo dan DKI Jakarta.

Indonesia bergabung dengan G-20 pada 2008 setelah mencatatkan rekor pertumbuhan ekonomi tinggi sedunia persis di bawah China. [ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge