0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mau Jual Motor Curian, Santo Diamankan

Tersangka pencurian motor (tengah) menjalani pemeriksaan di kantor polisi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Mengaku terdesak kebutuhan sehari-hari, Harsanto Wijanarko alias Santo warga Rejosari RT 03/ RW 15 nekad mencuri sebuah sepeda motor jenis Yamaha Mio J di kawasan Tegalmulyo, Mojosongo, Jebres, Sabtu (9/11) pagi.

Informasi yang dihimpun, waktu itu pelaku mengantar anaknya ke sekolah dengan berjalan kaki. Usai mengantarkan anaknya, pelaku melalui kawasan Tegalmulyo, Mojosongo, Jebres. Saat itulah, pelaku melihat sebuah sepeda motor dengan AD 3781 IH terparkir lengkap dengan kunci kontak di depan Kos Karisma di kawasan tersebut. Tanpa pikir panjang, pelaku pun langsung menyikat dan melarikan sepeda motor warna biru tersebut.

“Rencananya saya jual, dan uangnya untuk kebutuhan sehari-hari,” terang pelaku dalam gelar perkara di Mapolsek Jebres, Jumat (14/11) siang.

Usai melarikan sepeda motor milik Ika Maryati (33) warga Rejosari RT 03/ RW 07 Jebres, Solo, lalu selang sehari pelaku menghubungi rekannya bernama Puput. Keduanya berencana menjual sepeda motor jenis matic tersebut kepada seorang penadah di kawasan Pucang Sawit, Jebres. Setelah bertemu dengan perantara, keduanya disuruh untuk menunggu di tempat yang telah dijanjikan. Namun, alih-alih mendapatkan pembeli, keduanya justru digrebek pihak berwajib dan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Saat menunggu pembeli, tiba-tiba langsung ditangkap polisi,” aku pelaku.

Sementara itu, Kapolsek Jebres, Kompol Edison Panjaitan menghimbau kepada masyarakat supaya lebih berhati-hati dalam memarkir kendaraan. Disamping itu, dirinya juga mengatakan supaya pemilik kendaraan tidak teledor meninggalkan kunci kontak kendaraan masih terpasang diatas kendaaannya.

“Hal ini akan mengundang aksi kejahatan (meninggalkan kunci kontak —Red). Apalagi, didukung dengan suasana yang sepi. Jadi, pencuri dapat dengan leluasa menggondol hasil curiannya tersebut,” ucap Kapolsek.

Atas perbuatannya tersebut, pelaku dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge