0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang HUT Karanganyar ke-97,

Ziarah ke Makam Pendiri Kabupaten Karanganyar

Bupati Juliyatmono ziarah ke makam pendiri Karanganyar dan makam mantan Bupati Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)
Karanganyar —  Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi seluruh jajaran Muspida, Jumat (14/11) melakukan ziarah ke makam-makam mantan Bupati Karanganyar serta makam pendiri Kabupaten Karanganyar. Tradisi yang sudah berlangsung sejak lama kembali dilaksanakan menjelang HUT Kabupaten Karanganyar ke-97  yang jatuh pada hari Selasa (18/11).
Lokasi yang dikunjungi di antaranya makam pendiri Kabupaten Karanganyar, Nyi Ageng Karang, di daerah Ngloji, selanjutnya makam Ronggo Panambang  di Randu Songo, Tasikmadu. Kemudian menuju Astono Temu Ireng untuk berziarah ke makam Bupati pertama Karanganyar, Harja Asmaran atau biasa disebut Kyai Atas Angin. Makam tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Kabupaten Karanganyar 97 tahun lalu.  Selanjutnya rombongan menuju  Makam Mengadeg, Makam Giribangun dan Makam Girilayu.

Juliyatmono mengatakan, sebagaimana cita-cita para pendiri Kabupaten Karanganyar, adalah membawa rakyat dalam kemakmuran dan sejahtera. Pendiri Karanganyar telah mengawali dengan kemakmuran, adil dan bijak.

“Apa yang kami lakukan adalah meneruskan tradisi yang sudah berlangsung lama. Dengan kegiatan ini kami harapkan dapat mengingat perjuangan leluhur yang telah berjuang untuk kejayaan Karanganyar. Membawa rakyat makmur dan sejahtera,“ tutur Juliyatmono.

Menurutnya, sebagai generasi penerus, harus mampu menghormati tokoh-tokoh terdahulu, serta mampu membawa masyarakat yang lebih baik lagi. Sebagai generasi mengalami perbedaan dalam peradaban, tidak bisa melupakan dan
menghargai para pendiri sebelumnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge