0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Kunjung Terbit, Sertifikat Sugino Diduga Dipalsu

Ilustrasi sertifikat (Dok. Timlo.net/Putra)

Sukoharjo – Sertifikat Sugino, warga Desa Kudu, Kecamatan Baki, Sukoharjo diduga dipalsu dengan sertifikat atas nama Sg. Kedua sertifikat itu mempunyai nomor HAT sama, yakni HAT HM 437 letter C Desa Kudu No. 251/114-145-II, namun gambar lokasi dan atas namanya berbeda.

Kuasa hukum Sugino, Selamet Riyadi mengatakan, hal ini terungkap saat kliennya bermaksud mengganti blangko sertifikatnya, namun tak kunjung terbit. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata arsip sertifikat milik Sugino tidak ditemukan, justru menemukan sertifikat atas nama inisial Sg dengan nomor HAT sama dengan Sugino.

“Kami menyayangkan kejadian ini, kenapa ada dua sertifikat dengan nomor persil yang sama. Lebih parah lagi arsip dari sertifikat yang asli dari klien saya justru tidak ada di kantor BPN. Efeknya sertifikat pengganti yang kami daftarkan, meskipun sudah dilakukan pengukuran ulang juga tidak kunjung terbit,” kata dia, Kamis (13/11).

Sementara itu, Kasubsi Pendaftaran Hak BPN Sukoharjo, Bambang Sri Raharjo menyatakan, untuk pembuktian palsu dan tidaknya sertifikat dinilai wewenang pengadilan. Karena itu pihaknya hanya bisa menceritakan kronologi persoalan sebatas diketahuinya.

“Saya tidak bisa mengatakan sertifikat itu asli atau palsu karena nanti yang bisa memutuskan hanya pengadilan. Namun yang jelas adanya kasus ini, kami sedang berkonsultasi ke Kanwil BPN di Semarang, semua kronologis kami ceritakan. Kami tetap ada action untuk menyelesaikan ini, kami akan bertanggungjawab,” tegas Bambang Sri Raharjo.

Pihaknya juga telah melakukan komunikasi dengan pemilik sah tanah terdapat di dalam gambar sertifikat Sg. Bambang menambahkan, dirinya tidak tahu persis kebenaran gambar sertifikat Sg dan lokasinya juga tidak diketahuinya.

“Tanah itu juga ada sertifikatnya dan sudah ditunjukkan keasliannya, sedangkan punya Pak Sugino juga sudah benar milik Sugino,” tandasnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge