0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sertifikat Pengganti Tak Kunjung Terbit, Sugino Somasi BPN

Ilustrasi sertifikat (Dok. Timlo.net/Putra)

Sukoharjo – Sugino, warga Desa Kudu, Kecamatan Baki, Sukoharjo menyomasi Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo. Hal ini dilakukan lantaran sertifikat pengganti HAT miliknya belum juga terbit, meskipun sudah beberapa bulan.

Kuasa hukum Sugino, Selamet Riyadi mengatakan, pihaknya mendaftar untuk penggantian blangko sertifikat hak atas tanah HM 437 letter C Desa Kudu No. 251/114-145-II a-S-Pertanian atas nama Sugino seluas sekitar 7950 meter persegi di Dukuh Demalang, Kudu pada 22 Juli 2014. Pihak BPN menjanjikan sertifikat pengganti terbit sepekan setelah pedaftaran, namun sampai saat ini belum juga terbit.

“Kami sudah beberapa kali menanyakan kepada Kasi Persertifikatan dan Kasi Pendaftaran hak dan juga ke Kepala BPN kapan terbitnya. Namun, jawaban yang kami terima jawaban HAT HM 437 telah dipalsu pihak lain dan sertifikat palsu tersebut belum dibatalkan,” ungkap Selamet Riyadi, Kamis (13/11).

Dijelaskan, sertifikat asli milik kliennya atas nama Sugino dengan alamat Dukuh Demalang, Desa Kudu, Kecamatan Baki, Sukoharjo. Sedangkan sertifikat dinilai palsu atas nama orang berinisial Sg. Sertifikat atas nama Sg menggunakan nomor persil milik sertifikat Sugino, sedangkan gambar sertifikat SG milik orang lain.

Sementara itu, Kasubsi Pendaftaran Hak BPN Sukoharjo, Bambang Sri Raharjo membenarkan pihaknya telah menerima somasi dari Slamet Raharjo. Dia menjelaskan belum terbitnya sertifikat karena pihaknya juga menanti hasil konsultasi ke Kanwil BPN di Semarang. Pasalnya masih ada permasalahan terkait adanya dua sertifikat mirip itu.

“Saya juga tidak tahu kok bisa seperti ini, namun yang jelas ketika saya masuk ke sini sertifikat itu sudah ada. Saya tidak bisa menyebutkan sertifikat tersebut asli atau palsu,” tandas Bambang Sri Raharjo ketika ditemui awak media di Kantor BPN Sukoharjo.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge