0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kadinas PU Ditahan, Pemkab Tunjuk Pelaksana Teknis

Sekda Karanganyar, Drs Samsi (Dok. Timlo.net/Nanang Rahadian)

Karanganyar – Penahanan terhadap dua pegawai negeri sipil (PNS) aktif Karanganyar, yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pri Haryanto dan Kepala Bidang Perhubungan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Joko Sumaryono, tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana Instruksi Gubernur (In Gub) Jawa Tengah pada 2003/2004 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar siap melakukan penunjukkan pelaksana teknis (Plt) bagi keduanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi, mengatakan penunjukan itu masih menunggu verifikasi dan klarifikasi Pemkab Karanganyar kepada Kejaksaan Tinggi terkait status keduanya. Pemkab memastikan secara administratif terkait status keduanya di atas hitam dan putih.

“Kami menunggu dahulu, namun sudah diperintahkan tim untuk verifikasi dan klarifikasi ke Kejaksaan Tinggi. Kalau nanti sudah ada tembusan paling tidak dapat digunakan untuk action administrasi dan menentukan pejabat yang mengampu di situ,” terangnya, saat ditemui wartawan di kantor Sekretariat Daerah Karanganyar, Kamis (13/11).

Samsi menambahkan, pelaksana teknis nanti harus memiliki kualifikasi sama. Hanya, ketika nanti pihak bersangkutan sudah keluar dan dinyatakan dapat aktif kembali, praktis pelaksana teknis baru bakal dihentikan.

“Pelaksana teknis nanti kaitannya dengan administrasi,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan pihaknya segera menangani persoalan legalitas ditinggalkan pihak bersangkutan selama penahanan. Pasalnya, meski tugas dan fungsi dapat dialihtugaskan, namun terkait legalitas penandatanganan surat-surat atas nama kepala dinas menjadi fokus kajian.

“Kami akan kaji secara hukum karena yang bersangkutan pejabat struktural. Lebih cepat lebih baik dan akan saya lakukan upaya percepatan. Kalau tak ada kepastian akan memperlambat legalitas,” jelasnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge