0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hujan, Puskesmas Siap Jadi Posko Bencana

Banjir menggenangi Kampung Pangin dekat Pabrik Sritex Sukoharjo (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo menyiapkan Posko penanggulangan bencana di setiap kecamatan guna mengantisipasi datangnya musim penghujan sering disertai bencana alam. Setiap Puskesmas rencananya dijadikan Posko untuk memberikan pelayanan medis warga terdampak bencana.

Kepala DKK Sukoharjo, Guntur Subiantoro mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di musim penghujan seperti banjir dan angin puting beliung. Setiap Puskesmas digunakan sebagai Posko penangulangan bencana lengkap dengan tenaga medis, satu orang dokter dan bidan.

“Jadi semua sudah kami persiapkan jauh-jauh hari, termasuk kemungkinan penyakit yang ditimbulkan pascabencana seperti diare, gatal-gatal dan patah tulang. Untuk menangani itu, kami sudah siapkan satu dokter, satu bidan dan bidan desa,” jelasnya, Kamis (13/11).

Lebih lanjut Guntur mengutarakan, pihaknya juga menjalin komunikasi dan kerjasama dengan petugas penaggulangan bencana seperti relawan SAR, PMI dan TAGANA. Hal ini agar dalam penanganan bencana alam bisa dilakukan cepat dan tepat, sehingga bisa meminimalisasi adanya korban jiwa.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge