0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penetapan UMK Jateng Tunggu Kenaikan Harga BBM

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (dok.timlo.net/ Dhefi Nugroho)

Timlo.net – Penetapan Upah Minimum Kota (UMK) se-Provinsi Jawa Tengah (Jateng) belum dilakukan. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo masih menunggu penetapan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah.

“Sebenarnya sudah melapor semua, ada beberapa yang masih di bawah Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Menurut saya bagus sebagian besar melebihi dari KHL. Dari beberapa yang belum sesuai, disesuaikan,” ungkap Ganjar, Kamis (13/11).

Jika penetapan UMK masing-masing wilayah di Kabupaten/Kota di Jateng disesuaikan dengan KHL tidak akan terjadi aksi protes dan demo oleh buruh dan kondisi usaha di Jateng tetap tenang.

“Kalau dua hal ini bisa disampaikan, buruh bisa menerima dengan baik, pengusaha bisa menerima baik. Jadi kalau bisa dilaksanakan dengan cara itu, beres itu,” paparnya.

Politisi PDIP ini rencananya akan membicarakan kembali dengan Bupati/Wali kota di Jateng terkait penetapan UMK.

“Saya masih mau berbicara dengan Bupati/Walikotanya karena biasanya menjelang keputusan saya panggil mereka satu persatu untuk mendialogkan bagaimana dan seterusnya sebab yang dahulu bisa,” ungkapnya.

Terkait soal kapan penetapan UMK, sebetulnya Ganjar sudah menyiapkan. Namun, dirinya akan melakukan konsultasi lebih dahulu dengan Pemerintah Pusat.

Terutama berkaitan dengan kepastian kenaikan BBM nanti.

“Ada batas waktu yang sudah kita siapkan, sambil saya menghitung dan konsultasi dengan pusat tentang kenaikan atau tidak naiknya BBM-nya. Kan itu sangat berpengaruh banyak. Nek wes ditetapke saiki, sesuk mundak mesakne nuh buruhe (Kalau sudah ditetapkan sekarang, kalau besok (BBM) naik nanti kasihan buruhnya),” ucapnya.

Dirinya saat dipanggil ke Jakarta oleh Jokowi sebetulnya sudah berkonsultasi dengan Menteri Tenaga Kerja namun belum mendapatkan kepastian kenaikan BBM.

“Artinya saya mau berbicara dengan pusat, justru ini yang saya mau minta komunikasi dengan Jakarta untuk kemudian mencari pertimbangan yang baik apa,” tandasnya.   [hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge