0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sragen Siapkan Perpustakaan Desa Berbasis IT

Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen (dok.timlo.net/agyng widodo)

Sragen – Kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Sragen bekerja sama dengan Coca Cola Foundation tengah menyiapkan perpustakaan desa berbasis IT. Untuk tahap awal pada tahun ini sebanyak 5 desa sedang dipersiapkan, di antaranya Desa Puro, Kadipiro, Mojorejo, Wonorejo dan Karangtalun.

Kepala Kantor Perpusda Sragen, Try Andiyas Wororetno mengatakan, sebagai fasilitas utama dalam menunjang perpustakaan berbasis IT, kelima desa tersebut sudah di-droping masing masing 3 unit komputer. Komputer-komputer
yang ditempatkan di perpustakaan desa itu nantinya akan tersambung dengan internet dan bisa dipakai oleh para pengunjung perpustakaan.

“Satu perpustakaan akan dipandu oleh seorang instruktur IT dan besok tanggal 18 hingga 21 November ini para instruktur akan diberi pelatihan dan pembekalan,” jelasnya, Kamis (13/11).

Dari lima perputakaan tersebut tiga diantaranya sudah dalam kondisi siap dan saat ini sudah mulai dikunjungi oleh masyarakat. ’’Berdasarkan pantauan yang kami lakukan misalnya di Perpustakaan Desa Puro, di sana setiap harinya sudah banyak dikunjungi oleh warga,” ujar Andiyas.

Pihak Coca-cola Foundation sendiri juga akan menyiapkan dua orang instruktur ditambah dua orang dari Kantor Perpusda Sragen, yang akan membimbing dan menjadi konsultan para instruktur yang ditempatkan di masing-masing perpustakaan desa. Para pemandu IT di masing-masing perpustakaan merupakan relawan. Mereka berasal dari perangkat desa dan warga.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge