0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Data Warga Miskin di 31 Kelurahan

Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo, Abdul Ghofar Ismail (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melakukan pendataan warga miskin di 31 kelurahan tahun ini. Pendataan untuk database warga miskin itu ditarget selesai Desember mendatang.

Wakil Ketua DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail mengatakan, pendataan warga miskin itu dilakukan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas PP PA KB) Solo dengan anggaran dari pemerintah pusat.

“Pendataan itu untuk database kemiskinan. Dananya dari pemerintah pusat sebesar Rp 20 juta di tiap kelurahan,” katanya kepada wartawan, Kamis (13/10) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, dalam public hearing Rancangan APBD 2015 kemarin ada usulan agar pendataan itu dilakukan tidak hanya di 31 kelurahan tetapi bisa menyentuh 51 kelurahan. Program pendataan itu juga diharapkan bisa disinkronkan dengan program Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Kemarin diusulkan tambahan dana dari APBD 2015 Rp 400 juta untuk pendataan di 20 kelurahan lainnya. Namun, usulan itu kami pending dulu. Kami ingin melihat hasil pendataan dari 31 kelurahan itu dulu. Kalau valid, pendataan di 20 kelurahan sisanya akan kita anggarkan di APBD P 2015,” jelasnya.

Ghofar berharap, hasil pendataan warga miskin itu bisa dijadikan dasar guna menyusun program pengentasan kemiskinan di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)  Walikota Tahun 2016.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge