0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Standar Keselamatan Penerbangan Dinaikkan

(Ilustrasi) Pesawat Garuda ()

Timlo.net – Standar keselamatan penerbangan di Indonesia akan dinaikkan. Jika semula masih menempati kategori II, kedepan ditingkatkan menjadi kategori I.

“Safety (keselamatan) harus digaransi, oleh karena itu implementasi program keselamatan semakin lama semakin diperketat,” ujar Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Kamis (13/11).

Menurutnya, upaya peningkatan standar tersebut telah dimulai secara bertahap. Pemerintah ingin standar keselamatan semakin lama makin baik.

Selain itu, penetapan peraturan keselamatan penerbangan tidak hanya akan berlaku di operasional maskapai, tetapi juga di bandara.

“Banyak sekali yang harus diperbaiki, stakeholder terkait juga harus terlibat,” ungkapnya.

Kendati demikian, Jonan enggan mengatakan fokus apa yang terlebih dahulu akan dikerjakan terkait perbaikan kualitas keselamatan ini.

“Jangan ditulis salah satu apa, nanti tidak bagus spot-nya,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya menegaskan kepada para maskapai penerbangan untuk benar-benar memperbaiki kualitas keselamatan guna menghindari sanski pemerintah.

“Safety harus utamanya dan saya akan perketat sekali, lebih baik tidak usah terbang daripada tidak mendarat. Jadi maskapai penerbangan harus dapat perbaiki soal keselamatan,” tutup dia. [bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge