0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Maskapai Domestik Siap Gabung Airport Tax Dalam Tiket

ilustrasi (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Timlo.net – Sebanyak 3 maskapai penerbangan domestik siap menggabungkan biaya airport tax ke dalam tiket mulai awal 2015 mendatang. Ketiganya meliputi Garuda Indonesia, Lion Air dan Air Asia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan pihaknya pasti mengikuti aturan untuk memudahkan layanan penumpang.

“Kan waktu itu gini kita ingin bahwa semua sistemnya ini disinergikan, mau tidak mau setelah 2 tahun perjanjian apa kita hentikan. Alhamdulillah jalan lagi. Pada dasarnya kita ingin demikian karena memudahkan penumpang,” ujarnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (13/11).

Presiden Direktur AirAsia Sunu Widyatmoko juga sependapat dengan aturan baru ini. Bahkan, pihaknya sudah menerapkan sistem ini pada AirAsia Malaysia. Hanya di Indonesia terkendala masalah teknis.

“Sebulan cukup asal semua bareng, semua konsisten. Kita AirAsia Malaysia sudah menerapkan kayak gitu. Yang penting AP siap juga. Cuma ada masalah teknis. AP itu maunya penarikannya harian. Padahal ada persoalan teknis IT dan perbankan yang tidak bisa selesai dalam waktu sehari,” ungkapnya.

Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait juga berjanji, perusahaannya akan mematuhi aturan ini. Asalkan proses dan mekanisme penerapannya jelas.

“Spacenya bicaranya bisnis to bisnis, artinya aturan bersamanya harus kita sepakati,” ungkapnya.

Dia berpesan, lebih baik aturan ini segera disosialisasikan ke masyarakat. Angkasa Pura I dan II sebagai pengelola bandara bertugas menjalankan ini.

“Jangan kami jadi bemper. Angkasa Pura sosialisasikan ke masyarakat. Ada hal yang harus diutamakan. Kemudian ketika audit clean jangan persepsi masing-masing,” tutupnya. [noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge