0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atasi Kekeringan di Wonogiri, UNS Gandeng Profesor Jerman

Ilmuwan dari Karisruhe University of Germany Prof Dr Nestman saat menyampaikan paparannya (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Tim dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret (LPPM UNS) bersama ilmuwan dari Karisruhe University of Germany, Rabu (12/11), melakukan audiensi dengan Pemkab Wonogiri terkait pemberdayaan sumberdaya air bawah tanah di Kabupaten Wonogiri.  Mereka diterima langsung Bupati Wonogiri Danar Rahmanto, Sekretaris Suharno dan pimpinan SKPD terkait.

Saking minimnya air di Wonogiri selatan, setiap tahun pasti mengalami kekeringan seperti di Kecamatan Paranggupito, Giriwoyo, Pracimantoro, Eromoko, Manyaran dan lainnya. Maka dari itu perlu pengembangan dan pengelolaan sumber daya air bawah tanah yang tujuannya untuk pelayanan air kepada masyarakat, maka perlu sekali pemberdayaan untuk solusi permanen,” terang Bupati Wonogiri Danar Rahmanto.

Dikatakan,oleh karena itu kedatangan profesor dari Jerman ini merupakan jembatan emas bagi Pemerintah Kabupaten Wonogiri untuk menyelesaikan persoalan kekeringan di wilayah Wonogiri selatan, yang hingga saat ini belum ditemukan solusinya. “Semoga dengan adanya kunjungan serta paparan ini dapat menjadi solusi permanen kekeringan di Wonogiri selatan,” tegas Bupati.

Sementara itu,berdasarkan data dari Dinas ESDM Wonogiri, Pemkab Wonogiri telah melakukan inventarisasi sumberdaya air tanah pada tahun 2009 bekerjasama dengan Badan Geologi Bandung, namun demikian banyak ditemukan kendala diantaranya morfologi yang berbukit-bukit, belum terpetakannya jaringan sungai bawah tanah, dan keterbatasan sumber daya manusia dan dana.

Direktur Pascasarjana UNS Prof Dr Ir Ahmad Yunus MS menjelaskan, kehadiran mereka memang bertujuan untuk mengetahui potensi air bawah tanah di kawasan karst Wonogiri dengan menghadirkan ilmuwan dari Karisruhe University of Germany Prof Dr Nestman.

Dalam paparannya, Prof Dr Nestman mengatakan, kehadirannya ingin membantu Pemkab Wonogiri mengatasi persoalan kekurangan air serta menjadikan masyarakat memiliki kehidupan yang bersih dan sehat. Nestman juga memaparkan bahwa proyek pengangkatan air bawah tanah sebelumnya telah berhasil dilakukan di Gua Bribin Kabupaten Gunung Kidul.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge