0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tunggakan Pajak di Karanganyar Capai Rp 36 Miliar

Kantor DP2KAD Karanganyar ()

Karanganyar —  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendapati tunggakan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) daerah di Karanganyar mencapai angka cukup fantastis, sebesar Rp 36 miliar selama kurun waktu 2002 hingga 2012.

“Selama 2002 hingga 2012 terdapat piutang sebesar Rp 36 miliar. Kita menanggung kewajiban untuk menyelesaikannya. Ketika ditemukan oleh BPK, ini menjadi persoalan ketika kita tak tahu siapa yang harus ditagih,” ungkap Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD) Karanganyar Bachtiyar Syarif, saat ditemui wartawan, Kamis (13/11).

Bachtiyar mengatakan pihaknya kesulitan harus mencari data pembayar pajak secara sah yang tidak jelas data pribadinya. Belum lagi, kerap ditemukan mutasi kepemilikan yang kian mempersulit pelacakan.

“Mencari siapa saja yang belum membayar Rp 36 miliar itu, sopo jane? njenengan opo njenengan? Itu sebuah persoalan tersendiri,” tandasnya.

Meski demikian, lantaran sudah menjadi kewajiban, pihak Bachtiyar bersama tim dari kabupaten akan berupaya melakukan update data terkait piutang tersebut. Termasuk, mengerahkan sejumlah perangkat desa untuk validasi data.

“Kewajiban kita adalah, terjun di semua kecamatan untuk melakukan validasi data piutang. Sehingga nanti diharapkan segera turun serta menjadi valid,” sebutnya.

Validasi data tersebut ditargetkan rampung hingga akhir tahun anggaran 2014 ini. Pasalnya, data tersebut masuk dan menjadi bagian dari laporan keuangan daerah.

“Ini kan menjadi persoalan, sehingga kita harus menindaklanjutinya,” kata Bachtiyar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge