0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prof Elly: Perawat Perlu Kemampuan Khusus

(Ilustrasi) Siswa SMK saat melakukan praktik keperawatan. (dok.timlo.net/agung)

Sukoharjo – Guru Besar Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia (UI) Prof Dr Elly Nurachmah menyatakan, perlu kemampuan khusus terutama dalam berkomunikasi, keterampilan teknis, ketrampilan profesional, sikap dan berperilaku profesional.

“Selain itu, juga harus paham tentang undang-undang terkait sistem kesehatan, hak pasien, serta prinsip etik dan legal dalam layanan kesehatan,” jelas Elly pada Kuliah Pakar Kesiapan Perawat Dalam Menghadapi Implementasi UU Keperawatan 2014, di Auditorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (13/11).

Elly mengemukakan, penerapan UU no 38/2014 menuntut perawat memiliki kompetensi kritikal dan pelengkap lain yang senantiasa harus dipertahankan melalui pendidikan perawat berlanjut sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam UU Keperawatan tahun 2014.

Oleh karena itu, kata Elly, perawat musti melakukan kegiatan hanya dalam cakupan kompetensi yang dimiliki, dan hendaknya tidak melakukan kegiatan yang tidak dilindungi UU no 38/2014 tentang  Keperawatan serta tidak melanggar hukum (lain) yang berlaku.

Menurut Elly, esensi penting dari UU Keperawatan adalah mensyaratkan pelayanan keperawatan secara profesional dengan kompetensi yang memenuhi standar serta memperhatikan kaidah etik dan moral. Karena undang-undang tersebut memiliki tujuan melindungi masyarakat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge