0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hujan, Harga Cabai di Wonogiri Naik

Pedagang cabai Pasar Wonogiri Kota (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Datangnya musim penghujan ini berdampak pada naiknya harga cabai. Di Wonogiri Kota, harga cabai mengalami kenaikan rata-rata Rp 2.000 hingga Rp 5.000 ribu perkilonya.

Seperti di Pasar Wonogiri Kota, saat ini harga cabai merah besar tembus Rp 50 ribu perkilonya, padahal sebelumnya berkisar pada harga Rp 45 ribu. Kemudian cabai rawit merah mencapai Rp 50 ribu sebelumnya hanya Rp 45 ribu perkilonya. Lalu,untuk cabai ijo besar Rp 17 ribu perkilo, sedang harga cabai rawit ijo masih standart yakni dikisaran harga Rp 35 ribu perkilonya.

Menuurt pedagang, cabai-cabai tersebut ia datangkan langsung dari Kabupaten Boyolali. “Hal ini biasa terjadi di saat musim penghujan tiba. Pasalnya tanaman cabai itu kan rontok kalau kena air hujan. Jadi wajar saja kalau produksi cabai itu menurun. Dan kenaikannya pun tidak terlalu tinggi,” kata Surani, pedagang Pasar Wonogiri Kota Lantai IIi, Kamis (13/11).

Hal senada dituturkan Ponirah (57) juga pedagang di Pasar Wonogiri Kota. Disebutkan, kenaikan harga ini kerap terjadi di saat datang musim penghujan, dan menurutnya bukan karena adanya isu kenaikan BBM.

Diakui, kenaikan harga cabai ini tidak terlalu signifikan hanya mencapai kisaran Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu perkilonya. Menurutnya, hal itu sangat berbanding berbalik dengan dua bulan lalu, dimana harga cabai di pasaran melorot drastis, bahkan harga cabai rawit merah hanya sampai pada kisaran Rp 10 ribu perkilonya, sedang cabai merah besar hanya mencapai Rp 4 ribu perkilonya.

“Dua bulan lalu,cabai yang saya datangkan dari Boyolali malah sampai bubruk (tidak laku), bahkan sampai berkarung-karung saya jemur di lantai III,”kata Ponirah.

Ttak hanya cabai saja yang harganya mulai merangkak naik, namun harga bahan-bahan lainnya pun juga ikut merangkak naik, di antaranya bawang merah dan bawang putih.

“Tapi untuk bawang merah dan bawang putih hanya naik perkilonya sebesar Rp 2 ribu.Dari harga Rp 10 ribu kini menjadi 12 ribu untuk bawang merah, sedang harga bawang putih semula Rp 12 ribu merangkak naik menjadi Rp 14 ribu perkilonya,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge