0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Pendaratan Bersejarah Satelit Rosetta

Google Doodle Philae. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net—Google membuat doodle untuk merayakan pendaratan bersejarah satelit Rosetta yang dibuat oleh European Space Agency (ESA) pada sebuah komet.

Dalam penjelajahan angkasa pertama, pendaratan itu adalah sebuah puncak dari misi selama satu dekade yang menghabiskan uang senilai $1,8 miliar, bertujuan untuk menguji sisa-sisa kelahiran sistem tata surya.

Alat pendarat berukuran sebesar kulkas muncul dari Rosetta sebelum menyentuh sebuah komet yang berjarak sekitar satu miliar km dari Bumi beberapa jam lalu. Tapi pendaratan ini sempat mengalami masalah saat alat yang didesain sebagai jangkar untuk satelit itu, yang disebut Philae, tidak muncul. Hal ini membuat ESA berusaha mencari pilihan lain supaya satelit itu tidak melayang ke angkasa setelah mendarat ke komet.

Beberapa komet yang berasa dari formasi sistem tata surya Bumi yang berusia 4,6 miliar tahun. Contoh dari permukaan komet ini bisa menolong para ilmuwan untuk memahami bagaimana planet-planet dan kehidupan terbentuk karena batuan dan es yang membentuk komet mengandung molekul organik yang mirip kapsul waktu.

Rosetta memecahkan beberapa rekor termasuk menjadi satelit pertama yang mengitari komet dan bukan hanya sekedar melintasi untuk mengumpulkan gambar-gambar.

“Yang benar-benar mengesankan saya adalah foto-foto yang diambil satelit itu,” kata Daniel Brown, seorang ahli astronomi di Notthingham Trent University dalam sebuah email setelah jangkar tiga kaki Philae mulai mengirim data dan foto ke Bumi.

Sumber: Independent.co.uk.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge