0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puskesmas di Sragen Masih Kekurangan Dokter

Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman menengok pasien di RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen, Rabu (12/11) (Dok. Timlo.net/Agung)

Sragen – Jumlah dokter umum bertugas di Puskesmas Kabupaten Sragen masih sangat kurang. Pasalnya dari 25 Puskesmas tersebar di 20 kecamatan, rata-rata hanya ada dua dokter.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen, Farid Anshori mengatakan, idealnya ada empat dokter umum di setiap Puskesmas.

“Di Puskesmas ada layanan 24 jam, maka idealnya memang ada empat dokter di setiap Puskesmas agar mereka bisa saling bertugas bergantian, sehingga setiap waktu ada dokter yang berjaga,” katanya, ketika ditemui di sela acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 di RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen, Rabu (12/11).

Sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan tenaga dokter, pada 2015 mendatang seluruh Puskesmas di Sragen bakal berubah menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD), sama seperti RSUD dr Soehadi Prijonegoro dan RSUD Dokter dr Soeratno Gemolong. Dengan berstatus BLUD, Puskesmas bisa mengontrak sendiri tenaga paramedis dibutuhkan seperti dokter untuk menjadi tenaga paramedis setempat.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge