0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Sukoharjo Berbenah Antisipasi Bencana Musim Hujan

Banjir menggenangi Kampung Pangin dekat Pabrik Sritex Sukoharjo (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo – Memasuki musim penghujan pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo mulai melakukan antisipasi dini terjadinya bencana angin putting beliung dan banjir. Berbagai kegiatan sosialisasi dan pembenahan infrastuktur dilakukan guna mencegah dampak buruk terjadinya bencana.

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan kepada jajaran di bawahnya untuk membersihkan drainase di setiap lingkungan. Tak hanya itu, Pemkab juga menganggarkan revitalisasi sungai-sungai berpotensi mengakibatkan banjir.

“Biasanya itu yang sering banjir di Ngreco Weru, kalau hujan lebat tanggulnya jebol sungai kecil dari gunung, tapi kalau sungai besar seperti Bengawan Solo kalau dari Wonogiri tidak dibuka saya kira masih aman. Kami sudah mengimbau kepada masyarakat agar membersihkan drainase lingkungannya sendiri,” kata Wardoyo Wijaya, Rabu (12/11).

Sementara itu, Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto menyampaikan, sebelum memasuki musim penghujan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi tentang potensi bencana alam kepada warga. Selain itu, BPBD juga membuat surat edaran kepada camat untuk membersihkan lingkungan,khususnya drainase dan memotong pohon dinilai cukup membahayakan.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge