0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cak Lontong: Kesenian Tradisional Harus Kreatif

Cak Lontong (Dok. Timlo.net/Heru Murdhani)

Solo – Komedian papan atas Indonesia, Lies Hartono atau lebih dikenal dengan Cak Lontong, yakin seni pertunjukan tradisional Indonesia mendapat perhatian khusus dari pemerintahan presiden Joko Widodo. Hal ini diungkapkan pelawak 44 tahun itu sesaat usai mengisi acara seratus hari meninggalnya Mamiek di Solo.

“Saya percaya dan yakin bahwa di bawah pemerintahan Pak Jokowi seni pertunjukan tradisional akan bisa lebih maju lagi,” kata lelaki pernah menjadi tim sukses Jokowi itu.

Pemilik Salam Lemper ini juga mengatakan, dengan program pengembangan industri kreatif di Indonesia bisa membawa angin segar bagi semua seni pertunjukan. Tak terkecuali seni pertunjukan tradisional.

“Kita lihat sekarang pemerintah daerah sudah mau mengakomodasi berbagai kesenian tradisional. Dalam jamuan-jamuan pemerintahan, tak jarang mereka mengundang seniman-seniman ini untuk unjuk kebolehan dan dipertontonkan,” katanya.

Komika jebolan Standup Comedy Metro TV ini juga mengatakan, seniman panggung tradisional dituntut kreativitas. Dengan kreativitas itu dan didukung kebijakan pemerintah, dirinya yakin kesenian pertunjukan tradisional seperti ludruk, kethoprak dan lainnya bisa maju dan berkembang.

“Harapannya ke depan teman-teman seniman ini semakin kreatif dan mengembangkan kesenian yang didalaminya. Dengan dukungan dari pemerintah, saya yakin panggung tradisional akan semakin maju dan berkembang,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge