0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Kenaikan BBM, Pemkab Siapkan Pemantauan

Sembako ()

Karanganyar – Terkait isu rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang kian mengemuka, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan melakukan sejumlah pemantauan. Langkah tersebut sengaja ditempuh untuk mengantisipasi dampak jika kenaikan harga BBM benar-benar terlaksana.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar Timotius Suryadi, isu kenaikan BBM tersebut belum berpengaruh banyak pada kondisi secara umum di Karanganyar.

“Kita akan memantau terus soal isu kenaikan BBM itu. Yang jelas akan kita antisipasi dampak dan bagaimana langkah antisipasinya nanti seperti apa. Namun, sejauh ini memang masih kondusif,” ungkap Timotius saat ditemui wartawan, Rabu (12/11).

Sejauh ini, pihaknya tengah melakukan langkah antisipatif berupa koordinasi bersama pihak terkait. Termasuk dengan Pertamina, utama untuk pemantauan stok BBM.

“Jika nanti stok menipis kita akan berhubungan langsung dengan mereka dan mendiskusikan langkah koordinasi. Selama ini memang seperti itu,” sebut Timotius.

Timotius menambahkan masyarakat tak perlu panik. Pasalnya, stok yang ada saat ini terbilang cukup untuk kebutuhan masyarakat.

“Masyarakat bisa saja kemudian panik dan tak rasional menimbun BBM, kita tak ingin seperti itu,” imbuh Timotius.

Sementara itu, menanggapi rencana kenaikan BBM yang sedianya diberlakukan akhir tahun 2014 tersebut, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengakui kewenangan sepenuhnya ada di pemerintah pusat. Jika memang kenaikan terealisasi, pihaknya hanya dapat menyesuaikan diri.

“Kebijakan ada di pemerintah. Kita tidak bisa melakukan apapun selain menindaklanjuti maupun menyesuaikan. Jika didengar, bagaimana diupayakan agar tidak naik. Bagaimanapun jika naik kemungkinan besar akan menimbulkan inflasi, lagi-lagi masyarakat yang selalu kena dampak itu,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge