0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kerjasama Rusia – Indonesia Semakin Erat

Presiden Jokowi bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Rusia membuka peluang kerjasama intens dengan Indonesia. Diantaranya pemabngunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) dan kerjasama poros maritim.

“Kita juga membahas kesempatan meningkatkan sistem-sistem teknologi satelit rusia di indonesia,” kata Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Rusia VI Matvienko seusai mendatangi Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantornya, Jakarta, Rabu (12/11).

Menurut Matvienko, Indonesia adalah mitra kunci Rusia di Asia Pasifik. Atas dasar itulah, Rusia ingin memerluas kerja sama ekonomi dengan Indonesia.

“Kami sangat tertarik prakarsa Presiden Jokowi membangun poros maritim di Kawasan Asia Pasifik. Ini pasti akan mendorong perluasan kerjasama di kawasan dimana Rusia dan Indonesia menjadi bagian,” ujarnya.

Dia menambahkan, Rusia berminat meningkatkan volume perdagangan dengan Indonesia hingga USD 5 miliar.

Jusuf Kalla mengatakan, sejak dulu, Indonesia memiliki hubungan baik dengan Rusia di bidang politik, perdagangan, dan investasi. Dia mengaku bakal menindaklanjuti sejumlah kerja sama yang diinisiasi dalam pertemuan selama satu jam tersebut.

“ketua dewan federasi majelis Rusia tentu mengunjungi Indonesia untuk memperat hubungan perdagangan.”

Di perhelatan APEC Beijing, China, Presiden Joko Widodo sempat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi mengundang Putin untuk berinvestasi di sektor energi dan infrastruktur.

Putin mengungkapkan kekagumannya pada Indonesia.

“Kami mempunyai sejarah dan hubungan yang begitu erat. Rusia dan Indonesia hampir tidak pernah bersinggungan. Tidak ada masalah akar yang bisa melemahkan hubungan ini,” ujar Putin. [yud]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge