0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyanyi Rap Big Bank Hank Meninggal di Usia 57

Big Bank Hank. (Dok: Timlo.net/ Rolling Stones.)

Timlo.net—Seorang anggota dari grup rap Sugarhill Gang, Big Bank Hank, meninggal di usia 57 tahun. Grup rap ini populer dengan lagu hit mereka “Rapper’s Delight” dan menjadi salah satu grup yang membuat musik hip hop menjadi populer di kalangan audiens mainstream 35 tahun lalu.

Big Bank Hank, yang memiliki nama asli Henry Jackson, meninggal karena kanker Selasa (11/11) di Englewood, New Jersey, Amerika Serikat (AS). Kabar ini berasal dari David Mallie, manager dari dua anggota Sugarhill Gang yang masih hidup.

Berbadan gemuk dan berpenampilan cerita, Hank menyanyi di bagian tengah dari lagu “Rapper’s Delight”. Lagu ini memiliki durasi 14 menit. Tapi sekalipun dengan durasi sepanjang itu, lagu tersebut masuk dalam daftar Top 40 di the U.S. Billboard.

Anggota lain dari grup Sugarhill Gang ini adalah “Wonder Mike” Wright dan Guy “Master Gee” O’Brien. Keduanya mengeluarkan pernyataan pada Selasa:

“Sangat sedih mendengar bahwa saudara kami meninggal dunia. Kami bertiga mencetak sejarah dalam dunia musik bersama saat merilis Rapper’s Delight. Kami akan selalu mengingat pengalaman berkeliling dunia bersama dan menggebrak berbagai panggung. Beristirahatlah dengan tenang Big Bank.”

Ketiganya adalah pembawa acara tidak dikenal saat produser Sylvia Robinson merekrut mereka untuk merekam lagu untuk label rapnya, Sugar Hill Records.

Dirilis pada 1979, lagu “Rapper’s Delight” menjadi terkenal dan sering terdengar di klub-klub dansa pada 1980-an. Kala itu para penyanyi rap muda berkumpul di klub-klub dan saling berlomba menyanyi diiringi musik instrumental dari lagu-lagu populer. Pada 2011, Rolling Stone memasukkan lagu itu pada posisi 248 dalam daftar 500 Greatest Songs of All Time.

Sumber: CNN.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge