0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2 Sekolah Terlibat Bentrok Siap Keluarkan Siswanya

Belasan pelajar dan guru dari SMAN 1 Karanganom dan SMAN 3 Klaten melakukan mediasi di Mapolsek Karanganom, Klaten (Dok. Timlo.net/Aditya)

Klaten – Proses mediasi antara perwakilan pelajar SMAN 3 Klaten dan SMAN 1 Karanganom di ruang Bhayangkari Mapolsek Karanganom, Selasa (11/11), sepakat untuk berdamai pascainsiden kekerasan sehari sebelumnya. Dua sekolah itupun siap mengeluarkan siswanya jika melanggar kesepakatan damai.

Perwakilan guru dari SMAN 1 Karanganom, Agus Purwanto, menyampaikan orangtua atau wali murid dari korban terluka dan institusi SMAN 1 Karanganom tidak menuntut ke jalur hukum. Pihaknya mendorong diselesaikan secara kekeluargaan dengan pembinaan internal dari masing-masing sekolah.

“Lewat mediasi ini, kami tidak mencari siapa yang benar dan salah. Kami harus saling introspeksi dan menahan diri agar tidak terjadi insiden susulan maupun balas dendam. Nantinya kalau ada siswa kami yang melanggar kesepakatan ini, konsekuensinya tentu saja kami berikan sanksi keluar dari sekolah,” ujarnya, usai menandatangani surat pernyataan berdamai, Selasa (11/11).

Agus menambahkan, masa depan para siswa sebagian besar duduk di bangku kelas III Sekolah Menengah Atas (SMA) ini masih panjang.

“Ujian sekolah di depan mata, kami tidak ingin anak-anak bersentuhan dengan hukum. Kalau sudah sampai ke meja hijau, masa depan kalian (pelajar) mau dibawa ke mana,” tandas, Agus Purwanto, di hadapan para siswa.

Senada dengan itu, perwakilan guru dari SMAN 3 Klaten, Sunu Tri Widodo, juga siap mengeluarkan siswanya dari sekolah jika terbukti melanggar kesepatan damai. Selain itu, pihaknya siap menanggung biaya pengobatan korban luka.

“Sepakat. Kami siap mencoret siswa yang bertindak kekerasan dari sekolah. Kami juga siap menanggung biaya pengobatan bagi siswa SMAN 1 Karanganom yang terluka. Semoga ini menjadi pelajaran kita bersama,” pintanya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge