0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Insiden Kekerasan di SMAN 1 Karanganom Dipicu Futsal

Belasan pelajar dan guru dari SMAN 1 Karanganom dan SMAN 3 Klaten melakukan mediasi di Mapolsek Karanganom, Klaten (Dok. Timlo.net/Aditya)

Klaten – Prihatin dan terluka, itulah perasaan dialami Pembina OSIS SMAN 1 Karanganom, Agus Purwanto, saat mengetahui anak didiknya diserang beberapa siswa SMAN 3 Klaten di depan gerbang sekolahnya, Senin (10/11) kemarin. Belakangan diketahui insiden kekerasan itu dipicu persoalan sepele, yakni futsal antarkedua sekolah.

“Sebagai seorang pendidik saya prihatin dan sakit hati. Pasalnya sejak belasan tahun mengajar, baru kali ini terjadi aksi kekerasan dari sekolah lain. Apapun alasannya, aksi seperti ini tak bisa dibenarkan. Namun kami tetap legowo agar kejadian ini berakhir damai sebab mereka semua sudah kelas III dan akan memasuki masa ujian,” papar Agus Purwanto, sekaligus guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMAN 1 Karangonom, saat mediasi di Mapolsek Karanganom.

Menurut pengakuan para muridnya, Agus mengatakan, aksi kekerasan itu berawal dari perang mulut ketika sparing partner pertandingan futsal antarkedua sekolah beberapa hari lalu.

“Hanya latihan, bukan turnamen resmi futsal antarsekolah. Karena harus sewa tempat, biasanya yang kalah konsekuensinya harus bayari. Kebetulan skornya imbang, sehingga entah dimulai dari mana, terjadi perang mulut dan miss komunikasi,” ungkapnya, Selasa (11/11).

Beberapa hari kemudian, tepatnya Senin (10/11) kemarin, lanjut Agus, sekira pukul 14.40 WIB ketika siswa kelas III selesai tutor. Belasan siswa beratribut SMAN 3 Klaten menunggu di depan gerbang pagar gedung SMAN 1 Karanganom di sebelah Timur.

“Mereka mencari salah seorang siswa kami dan memukuli empat orang siswa dengan helm. Akibatnya, kami langsung membawa keempatnya ke PKU Muhammadiah, tapi setelah pulang ke rumah ternyata dua di antaranya dirawat di Rumah Sakit Islam (RSI) Klaten untuk rontgen, CT Scan dan opname. Padahal mereka tidak tahu apa-apa alias salah sasaran,” imbuhnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge