0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peran Suplementasi L-Karnitin dan Minyak Ikan

(Prof Dr Ir Sudibya dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret)

Telur, daging dan air susu rendah kolesterol dan kaya omega-3 dan 6 merupakan terobosan baru dalam menyediakan bahan pakan yang sehat. Produk tersebut dapat direkayasa melalui manipulasi lewat ransum ternak berupa sumplenasi L-karanitin dan minyak ikan dicampur dengan konsentrat untuk ternak non ruminasia.

“Suplementasi minyak ikan lewat kedua metode mempunyai keuntungan antara lain bau amis produk telur, daging, dan air susu berkurang, karena aktivitas alat pencernaan ternak,” tandas Sudibya pada pidato pengukuhan guru besar bidang ilmu nutrisi dan makanan ternak Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Senin (11/11).

Lebih lanjut Sudibya menyatakan fungsi omega-3 antara lain dapat menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan kadar HDL (High Density Lipoprotein), mencegah beberapa penyakit antara lain kanker, tumor, diabetes dan meningkatkan kecerdasan otak pada anak.

“Juga meningkatkan kekebalan tubuh. Omega-3 dapat dijumpai pada ikan laut, terutama lemuru, tuna, dan hiu. Ikan lemuru bila dipres akan menghasilkan minyak ikan yang banyak mengandung omega-3 terutama EPA (Eicosapentaenoic acid dan DHA (Docosaheksaenoic acid),” katanya.

Pengaruh pakan terhadap sifat asam lemak, katanya dihadapan senat guru besar Universitas Sebelas Maret, akumulasi lemak dalam tubuh ternak ditentukan antara lain oleh nilai mutien pakan. Masukan nutrien seperti karbo hidrat, lemak dan protein pada tubuh ternak yang melebihi kebutuhan akan digunakan untuk lipogenesis.

“Pemberian asam lemak tak jenuh pada ternak ruminansia akan mengalami kendala apabila diberikan secara langsung dalam pakan. Sebab asam lemak tak jenuh dalam rumen akan mengalami hidrogenasi menjadi asam lemak jenuh,” ujar dia.

Menurut hasil penelitian, telur, daging, susu rendah kolesterol dan kaya omega-3 dapat dibuat melalui suplementasi L-karnitin pada ransum ternak.

Editor : Eddy Je Soe

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge