0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

8 SMA/SMK Soloraya Ikuti Festival Teater Jawa 2014

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo, Eny Tiyasni Susana (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo —  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo kembali menggelar Festival Teater Jawa 2014. Pergelaran yang sudah menginjak tahun ke-3 ini diharapkan mampu memasyarakatkan kembali penggunaan bahasa Jawa di kalangan anak muda, khususnya pelajar Solo.

“Kegiatan ini adalah upaya pelestarian sekaligus perlindungan dan termasuk pengembangan bahasa Jawa khususnya kepada para pelajar. Membiasakan anak dan remaja untuk berbahasa Jawa dengan baik dan benar akan menimbulkan rasa
memiliki dan cinta terhadap budaya Jawa,” ungkap Kepala Disbudpar Kota Solo, Eny Tyasni Suzana, Selasa (11/11).

Dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun lalu, lebih Lanjut Eny mengatakan Festival yang akan diikuti oleh 8 SMA dan SMK di Soloraya ini lebih mengedepankan perbaikan penggunaan bahasa Jawa. Diharapkan dengan begitu penggunaan bahasa Jawa yang baik dan benar akan menjadi pelajaran tidak langsung selama mereka berproses dengan kesenian teater.

“Tahun ini kami mengedepankan penggunaan bahasa Jawa yang baik. Sehingga pada tahun ini dalam penjuriannya kami menggunakan tolok ukur kebahasaan. Oleh karena itu dewan juri yang kami pilih selain praktisi teater, juga kalangan akademisi dan pakar bahasa,” ungkapnya.

Festival inimemperebutkan lima kategori, yaitu Penyaji terbaik, Pemain pria terbaik, pemain wanita terbaik, penataan artistik terbaik, dan penataan musik terbaik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge