0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Coklat Berbahaya Bagi Anjing dan Kucing

Coklat hitam. (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net—Beberapa orang mungkin tidak tahu hal ini tapi coklat berbahaya bagi anjing dan kucing. Keduanya memiliki toleransi yang rendah terhadap salah satu zat yang ada dalam coklat. Bahkan, faktanya, kucing memiliki kadar toleransi yang lebih rendah dibandingkan anjing. Tapi kucing sepertinya memang tidak suka dengan makanan dan minuman yang manis seperti halnya anjing.

Komponen di dalam coklat yang menyebabkan masalah disebut theobromine dan secara alami terdapat pada biji coklat. Manusia memiliki kesiapan untuk mencerna komponen ini, tapi hewan akan mencerna zat ini lebih lama dan efek sampingnya bisa bertahan hingga 72 jam. Ada juga kafein di dalam coklat yang bisa menyebabkan efek yang merusak pada hewan.

Keracunan coklat pada hewan ditandai dengan gejala seperti muntah, diare, hiperaktif, gemetaran, kejang-kejang, kecepatan detak jantung yang tidak normal dan dalam beberapa kasus kematian. Ditambah dengan efek samping kafein pada coklat, maka bahaya coklat bisa meningkat.

Perawatan medis untuk keracunan coklat bisa dilakukan dengan memuntahkan coklat yang sudah dikonsumsi dalam waktu dua jam setelah dimakan.

Tingkat keracunan ini tergantung jenis dan kuantitas coklat yang dikonsumsi. Coklat yang mengandung susu mengandung theobromine dalam jumlah kecil. Coklat agak manis dan coklat murni memiliki theobromine dalam jumlah yang lebih besar dan kue coklat dan bubuk coklat tanpa pemanis memiliki theobromine yang kental.

Menurut ASPCA (Animal Poison Control Center), jika seekor anjing dengan bobot 4,5 kg memakan 1 ons coklat susu, anjing itu akan menunjukkan tanda-tanda keracunan ringan. Jika dia memakan coklat agak manis atau coklat murni dalam jumlah yang sama, dia akan menunjukkan tanda-tanda keracunan menengah. Jika dia mengkonsumsi 1 ons bubuk coklat atau kue coklat, maka dia akan menderita keracunan serius.

Sumber: The Desert Sun.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge