0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Makan Coklat 4 Kali Lebih Menyenangkan Dibanding Ciuman

Coklat hitam. (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net—Ciuman memang bisa membuat hati kita luluh. Tapi menurut sebuah penelitian, tidak ada sensasi yang dibandingkan dengan yang kita rasakan saat coklat lumer di lidah kita.

Jantung dan kepala para relawan muda dipasangi elektroda dan diminta untuk merasakan kepingan coklat murni (dark chocolate) sebelum berciuman dengan pasangan mereka.

Studi itu menyimpulkan bahwa coklat menyediakan sensasi yang bertahan empat kali lebih banyak dibandingkan saat kita berciuman. Tapi neurophysiologist Dr. David Lewis yang memimpin penelitian tersebut terkejut dengan penemuannya.

“Hasil ini benar-benar mengejutkan dan membuat kami penasaran,” katanya.

“Walaupun kami sudah menduga bahwa coklat khususnya coklat murni meningkatkan detak jantung karena mengandung zat yang sangat menstimulasi, tapi durasi dan kekuatan efek yang dimilikinya tidak kami antisipasi,” tambahnya dilansir dari Daily Mail.

Penelitian itu mengungkapkan bahwa saat coklat meleleh di dalam mulut, setiap bagian otak menerima sebuah peningkatan yang lebih intens dan lebih lama dibandingkan rasa senang yang dihasilkan saat kita berciuman.

Coklat juga membuat jantung berdetak lebih cepat. Walaupun wanita seringkali dianggap sebagai penggemar berat coklat dan lebih romantis dibandingkan pria tapi kedua gender ini memiliki respons yang sama selama penelitian.

Tapi Deanne Jade, seorang ahli psikologi tentang bagaimana orang berhubungan dengan makanan, memperingatkan bahwa berciuman dengan seseorang di dalam suasana yang tidak erotis atau tidak pribadi tidak akan memiliki efek yang sama dengan saat melakukannya dengan orang yang kita cintai.

Coklat mengandung beberapa zat yang secara alami membuat kita senang. Misalnya phenylethylamine di dalamnya, adalah zat yang sama yang diproduksi tubuh saat orang jatuh cinta. Ada juga theobromine dan kafein.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge