0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Tambah Guru Besar Ilmu Nutrisi

Prof Dr Ir Sudibya MS saat menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) di Auditorium UNS, Solo, Selasa (11/11). (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —  Produk telur, daging dan air susu rendah kolesterol dan kaya omega-3 merupakan produk unggul dengan harga terjangkau. Namun kelemahan telur, daging dan susu yang mengandung omega-3 dan rendah kolesterol adalah produk mudah rusak dan kualitas menurun seiring dengan waktu berjalan, apabila tidak disimpan dalam suhu rendah dengan kemasan yang baik.

“Pasar utama potensial produk yang beromega-3 tersebut adalah konsumen golongan ekonomi menengah ke atas, kelompok peduli kesehatan, dan sebagainya,” ungkap Prof Dr Ir Sudibya MS saat menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai  Guru Besar Bidang Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) di Auditorium UNS, Solo, Selasa (11/11).

Sudibya mengatakan, kesadaran masyarakat akan fungsional food semakin tinggi seiring dengan kemajuan tingkat pendidikan dan teknologi informasi. Kondisi tersebut merupakan peluang pemasaran bagi inovasi telur, daging dan
air susu yang kaya omega-3 dan rendah kolesterol.

Namun demikian, lanjut Sudibya, sampai saat ini suplemen omega-3 atau produk yang sejenis di pasaran masih terbatas, terutama yang menggunakan bahan limbah perikanan. Hal itu menjadi kendala bagi para peternak untuk menghasilkan telur, daging dan air susu yang beromega-3 dan rendah kolesterol.

Minat peternak tinggi beserta berbagai produk beromega-3 dan rendah kolesterol masih rendah, membuka peluang usaha produksi telur, daging dan air susu beromega-3 dan rendah kolesterol, yang berarti usaha tersebut memiliki masa depan cerah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge