0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nasdem Tolak Kesepakatan KIH-KMP Jika Harus Revisi UU MD3

Koalisi Indonesia Hebat (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) sudah menuju satu kesepakatan. Namun, Partai Nasdem justru menolak kesepakatan itu jika harus mengubah Tata Tertib DPR dan merevisi UU MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3).

“Nasdem itu prinsipnya bukan soal pembagiannya, kalau hanya untuk mengubah Tatib dan MD3 demi mendapatkan unsur pimpinan, kami nggak mau,” kata Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR Victor Laiskodat, Selasa (11/11).

Menurut dia, kesepakatan KIH dan KMP harus diselesaikan dengan musyawarah mufakat karena pihaknya tidak ingin berakhir dengan pembagian kursi pimpinan.

“Nasdem itu enggak dapat tidak apa-apa (kursi pimpinan), tapi pembagian kursi pimpinan harus proporsional. Kita ngomong nilainya, bukan tentang dapat apa, di saat keduanya punya kekuatan yang sama jalan tengahnya proporsional harus musyawarah,” ujar dia.

Menurut Victor, merevisi UU MD3 dan Tatib DPR demi mencari kursi pimpinan DPR, tidak mengajarkan politik yang baik.

“Itu kan revisi UU MD3 dan Tatib untuk nambah pimpinan, berarti semangatnya untuk nyari kursi, cara berpolitiknya tidak elok,” ujarnya.

Dengan demikian, dia meminta politisi PDIP Pramono Anung sebagai negosiator kepada KMP untuk menghasilkan kesepakatan musyawarah mufakat.

“Bukan PDIP ya, tapi Mas Pram. Saya minta Mas Pram sebagai pelobi tentunya harusnya lapor ke koalisi, kalau kita menolak pembagian kursi pimpinan melalui revisi UU MD3,” kata dia.

Dia pun menambahkan, partai Nasdem sudah menyampaikan kepada Pramono Anung menolak revisi Tatib DPR dan UU MD3. Bahkan dia tidak keberatan bila tidak mendapatkan kursi pimpinan DPR.

“Sudah, Mas Pram sudah menyampaikan ke kami, bahkan ke semua ketum koalisi KIH. Ya itu, kita maunya musyawarah, jangan lewat revisi, Nasdem nggak dapat apa-apa (kursi pimpinan) nggak apa-apa,” tukasnya. [ren]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge