0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemimpin Dunia Penasaran Dengan Jokowi

Presiden Jokowi bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Dalam Forum APEC 2014 di Watercube, Beijing, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan banyak pemimpin dunia. Antusiasme para pemimpin dunia yang ingin mengenal Jokowi tampak pada saat sesi foto dan makan bersama.

Saat sesi foto, Jokowi diapit di antara pemimpin negara maju dunia, yakni Presiden AS Barack Obama, Presiden China Xi Jinping, dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Menurut Jokowi, posisi foto ini merupakan suatu simbol yang harus dimaknai.

“Itu simbol, itu harus dibaca. Kita jadi rebutan gitu loh,” ujar Jokowi saat ditanya wartawan di Hotel Kempinski, Beijing, Selasa (11/10).

Apalagi, kata Jokowi, saat sesi makan diapit oleh Presiden China dan di sebelah kirinya ada Presiden Vladimir Putin.

“Kamu harus lihat tadi misalnya makan malam seperti ini kenapa kanan saya Presiden Xi Jinping, kemudian di sana ada Pak Obama, di kirinya ada Pak Putin,” kata Jokowi.

Namun demikian, Jokowi menegaskan dirinya bakal setia pada konstitusi.

“Di tengah gitu, bebas aktif. Kamu jangan keluar dari rel konstitusi,” tegasnya.

Saat sesi foto Presiden Jokowi memang berada di deretan depan bersama Presiden Rusia Vladimir Putin, lalu Presiden China Xi Jinping dan istri di sebelahnya. Di sebelahnya lagi Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, baru Presiden Obama dan istrinya Michelle. Mereka yang menggunakan pakaian dengan motif dan warna senada saling berbincang hangat.

Sebelumnya, saat tiba di lokasi Forum APEC, pemimpin dunia yang pertama kali ditemui Obama adalah Jokowi. Keduanya lalu membahas banyak kerjasama di antaranya keamanan dan maritim. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge