0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FKIP Unisri Gelar Kuliah Umum

Cyber Crime “Vs” Pendidikan Karakter

Wakil Rektor Unisri Drs Sutoyo MPd sedang menyampaikan materi dalam kuliah umum yang diselenggarakan FKIP Unisri. (dok.timlo.net/humas unisri)

Solo — Fakultas Keguruan dan  Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Sabtu (8/11), di Auditorium Unisri,  menggelar kuliah umum mengambil tema “Cyber Crime vs Pendidikan Karakter“

Humas Unisri Yona Ervina dalam rilis yang diterima Timlo.net, Selasa (11/11) menjelaskan kuliah umum ini diikuti 700 peserta, terdiri dari mahasiswa semester 1, 3, 5 dan 7. Tampil sebagai pembicara di antaranya Wakil Rektor Unisri Bidang II Drs Sutoyo MPd  menyampaikan materi Etika Bermedia Sosial di Tengah Kemajuan Tehnologi dan  Guru Besar Fakultas Hukum UNS  Prof Dr Supanto SH MHum menyampaikan materi Antisipasi Penyimpangan Sosial Media.

Dalam paparannya, Sutoyo menyampaikan  media sosial seperti facebook dan twitter berdampak positif dan sangat  bermanfaat sekali sebagai sarana komunikasi dan interaksi dalam kehidupan masyarakat. Namun tidak bisa dipungkiri kehadiran media sosial juga berdampak negatif, digunakan untuk menebar rasa kebencian, fitnah, memicu sentimen SARA, dan sejenisnya.

“Oleh karena itu para pelaku atau pengguna media sosial perlu memahami etika. Dan menggunakan media sosial secara baik dan bijak. Agar terhindar dari masalah yang akan merugikan bagi dirinya  maupun  orang lain,“ ungkapnya.

Sementara itu, Supanto menyatakan, perlu dilakukan penyadaran kepada para pengguna media sosial. Agar menggunakan dan memanfaatkan media sosial  secara  sehat, agar terhindar dari kasus pelanggaran  hukum sebagaimana terjadi akhir-akhir ini.

Kedua narasumber sepakat bahwa pendidikan karakter yang kuat, utamanya dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila merupakan kebutuhan mutlak untuk menghindarkan generasi muda dari penyalah gunaan dan penyimpangan media sosial yang negatif dan melanggar hukum. (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge