0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemilik Villa Tawangmangu Ngemplang Pajak Rp 5 Miliar

Kawasan hotel di Tawangmangu, Karanganyar
Kawasan hotel di Tawangmangu, Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sejumlah pemilik villa di Tawangmangu ternyata tidak membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) lebih dari 10 tahun. Bahkan tunggakan pajaknya pun cukup fantastis, mencapai Rp 5 miliar.

“Piutang PBB untuk Tawangmangu  memang sangat besar bisa sampai Rp 5 miliar dalam jangka 10 tahun,” jelas Camat Tawangmangu, Titik Umarni yang ditemui Timlo.net. di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (10/11).

Dengan tunggakan sebesar itu, tambah Titik, pihaknya terus melakukan terobosan untuk mengurusi hal itu. Di antaranya dengan mengumpulkan seluruh kepala desa untuk melakukan pendataan seluruh villa yang ada di Tawangmangu. “Paling banyak ada di Tawangmangu dan Kalisoro, tunggakan paling besar juga di situ,” kata Titik.

Titik menambahkan, hambatan yang sering dijumpai di lapangan saat menarik pajak adalah domisili pemilik villa berada di luar kota. Hal itu menyulitkan petugas untuk menarik pajak sehingga piutang pajak cukup besar. “Pemilik villa umumnya di luar kota, villa hanya tempat persinggahan saja,” urai Titik.

Dari puluhan villa yang ada di Tawangmangu, kata Titik, rata-rata mempunyai tunggakan antara Rp 1 juta hingga Rp 4 juta. Hal itu merupakan akumulasi dari tunggakan per tahun hingga 10 tahun terakhir. Perolehan rata-ata pertahun untuk PBB mencapai Rp 1,2 miliar.

“Kami terus melakukan upaya menagih tunggakan itu, bahkan petugas kami harus datang berkali-kali. Namun hasilnya masih banyak tunggakan,” terangnya.

Lebih lanjut Titik menambahkan, untuk menarik minat desa dalam mengumpulkan pajak, pihaknya menetapkan desa yang tepat waktu dan lunas membayar PBB sebagai desa pelopor pajak. ” da lima desa yang selalu tepat membayar pajak yaitu Karanglo, Bandardawung, Plumbon, Tengklik dan Sepanjang,” pungkas Titik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge