0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Klaten akan Tetapkan Siaga Banjir

Banjir di Belang Wetan, Kragilan, Gantiwarno, Klaten. (Dok.Timlo.net/ Rori)

Klaten — Setelah status darurat kekeringan pada pertengahan September lalu, Pemerintah Kabupaten Klaten bakal menetapkan status siaga banjir, tanah longsor dan angin puting beliung. Hal tersebut diungkapkan Kepala Pelaksana
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Klaten, Sri Winoto, Senin (10/11).

“Secara administrasi, surat pengajuan status siaga bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung telah kami serahkan ke meja Bupati Klaten sejak minggu lalu. Kendati belum ditandatangani, mulai Minggu (9/11) kemarin, kami meminta semua pihak agar siaga terhadap kemungkinan dan ancaman bencana saat musim penghujan,” ungkapnya.

Sri Winoto mengatakan, penetapan siaga bencana itu dilatarbelakangi oleh peristiwa meninggalnya satu orang dan 4 orang luka lainnya lantaran angin kencang yang menerjang sebuah kandang ayam di wilayah Trucuk, Sabtu (8/11) lalu. Selain itu, sesuai perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim penghujan diperkirakan datang pada awal November ini.

“Dengan status siaga, kami akan membentuk 3 posko banjir yang beroperasi 24 jam penuh di tiga kecamatan rawan bencana, yakni Kecamatan Bayat, Cawas dan Gantiwarno, yang berpusat di posko utama di Kantor BPBD Klaten. Sehingga
berdirinya posko ini dapat mendorong relawan, muspika dan warga setempat untuk memudahkan proses penanganan bencana,” katanya, saat ditemui Timlo.net, Senin (10/11).

Disinggung kesan tergesa-gesa dalam penetapan siaga banjir, tanah longsor dan angin puting beliung yang berimbas pada kecemasan masyarakat lantaran sudah ada status darurat kekeringan, Sri Winoto pun membantahnya.

“Justru ini sebuah kecepatan untuk memudahkan koordinasi dan penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana, sekaligus masyarakat menjadi waspada. Kalau mau ditawar, kita ingin statusnya satu-satu, bergantian, bahkan tidak ada bencana,” urainya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge