0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketemu Jokowi, Obama Sentil Visi Poros Maritim

Jokowi bertemu Barack Obama (merdeka.com)

Timlo.net – Presiden Joko Widodo dan Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama bertemu di Beijing, China, di sela Konferensi Tingkat Tinggi APEC. Keduanya membahas beberapa isu, misalnya radikalisasi agama, penguatan kerjasama bilateral serta masa depan demokrasi kawasan.

Saat bertemu, Senin (10/11) malam waktu setempat, Obama memuji Indonesia lantaran berhasil menjaga citra sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, namun tetap moderat. Presiden Negeri Adi Daya itu menilai Indonesia bakal memainkan peran penting dalam diplomasi dengan dunia muslim. Obama berharap era Jokowi bisa mempertahankan konsep negara plural.

“Indonesia akan memainkan peran penting memromosikan pluralisme dan penghormatan terhadap keberagaman agama. Saya ingin berterima kasih pada Indonesia atas segala upayanya mengisolasi ekstremisme,” kata Obama seperti dilansir situs Washington Post.

Obama dalam forum itu mengapresiasi visi maritim ala Jokowi. Dia berharap isu-isu pengamanan laut maupun bisnis berbasis kelautan antara Indonesia-AS dapat diperkuat. Kendati demikian, dia secara implisit berharap Indonesia tidak bersikap radikal dalam menjaga wilayah.

“Penting sekali bagi setiap pihak untuk menjaga peraturan internasional,” kata Obama.

Pemimpin Negeri Paman Sam itu sekaligus mengundang Jokowi ke kantornya di Gedung Putih, Ibu Kota Washington, paling tidak tahun depan. Obama mengaku senang bisa bertemu langsung dengan presiden baru dilantik awal 20 Oktober 2014 lalu itu.

“Saya tersanjung bisa bertemu Presiden Jokowi dan saya harap kita bisa meningkatkan kerjasama, termasuk hubungan personal (antar kepala negara),” tandasnya.

Menanggapi pernyataan Obama, Presiden Jokowi mengaku bakal memperkuat kerjasama dengan AS.

“Terutama untuk isu-isu keamanan,” kata presiden RI. [ard]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge