0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Bertemu Putin, Indonesia Makin Mesra dengan Rusia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Tidak hanya menggelar pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi juga menggelar pertemuan dengan seterunya Obama, yakni Presiden Rusia Vladimir Putin di sela gelaran forum kerja sama ekonomi Asia Pasifik (APEC) di China. Seperti dilansir Antara, Jokowi menawarkan pada Putin sejumlah peluang investasi di Indonesia.

“Kami mengundang investor dari Rusia untuk menanamkan modalnya di sektor energi, pembangkit listrik, jalan kereta api, irigasi, pangan dan manufaktur,” kata Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Sekretaris Kabinet Andi Widjayanto.

Jokowi menuturkan, hubungan baik telah terjalin antara Indonesia dan Rusia dapat ditingkatkan di masa datang. Untuk saling melengkapi, saling mengisi didasari saling percaya antara dua negara. Indonesia dan Rusia menjadi mitra strategis sejak 21 April 2003 dengan ditandatanganinya dokumen di Moskow.

Sejak saat itu, kedua negara menjalin kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, termasuk di bidang alat-alat berat dan pabrikasi peralatan komunikasi berbasis satelit. Di samping itu juga kerjasama dalam pengembangan sistem keamanan dan teknologi informasi serta perhubungan.

Sementara itu, Vladimir Putin juga mempunyai keyakinan serupa. Indonesia bakal semakin mesra dengan Rusia di bawah kepemimpinan Jokowi lima tahun ke depan.

“Saya berkeyakinan, hubungan kedua negara sebagai mitra strategis akan semakin baik di masa datang,” katanya.

Pria baru dinobatkan sebagai tokoh paling berpengaruh 2014 versi Forbes ini menilai, sebagai mitra strategis kedua negara telah memiliki cakupan kerjasama semakin luas di pelbagai bidang. [noe]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge