0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

7 Waduk di Sragen Mengering

Waduk Botok di Kecamatan Kedawung masih kering di musim kemarau (Dok. Timlo.net/Agung)

Sragen – Sebanyak tujuh waduk di Kabupaten Sragen saat ini mengering sebagai dampak kemarau berkepanjangan. Adapun ketujuh waduk itu, yakni Waduk Gebyar dan Blimbing di Kecamatan Sambirejo, Waduk Kembangan dan Gembong di Karangmalang, Waduk Botok dan Brambang di Kedawung serta Waduk Ketro di Tanon.

“Meski ada enam waduk di daerah Sragen Selatan dan hanya satu di wilayah Sragen Utara, yakni Waduk Ketro, tetapi paling besar baik dari segi luas genangan dan daya tampungnya,” kata Kepala Bidang Pengairan, Pertambangan dan Energi (PPE) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Subagiyono, Senin (10/11).

Ia mengemukakan, ada tiga instansi terkait keberadaan waduk itu, yakni Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo dari pemerintah pusat untuk masalah pemeliharaan. Sementara operasional pengairan menjadi tanggungjawab Balai Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sementara terkait pengairan di sawah berada di bawah bidang PPE DPU Sragen.

Staf Bidang Pengairan, Edy Widodo, menambahkan pada musim kemarau biasanya waduk dan embung mengalami kekeringan. Hal itu sudah dimengerti para petani.

“Biasanya pada Agustus memasuki kemarau sudah mulai menyusut dan kemudian mengering,” terangnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge