0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Minta Hujan, Warga Sambirejo Tanam Kepala Kambing

Prosesi penanaman kepala kambing ritual bersih desa (Dok. Timlo.net/Agung)

Sragen – Ritual menanam kepala kambing dilakukan warga Dukuh Jatiarum dan Garut, Desa Dawung, Kecamatan Sambirejo, Sragen. Posesi itu dilakukan dalam bersih desa agar terhindar dari malapetaka. Selain melakukan tolak bala dari gangguan segala marabahaya, ritual juga dilakukan dengan menanam kaki kambing di empat penjuru kampung untuk memohon hujan.

Ritual bersih desa diawali dengan menyediakan sesaji dan kenduri, disaksikan seluruh warga Dukuh Jatiarum. Kemudian dengan memanjatkan doa dipimpin sesepuh kampung, Suyono, memohon warga Dukuh Jatiarum dan Garut dibebaskan dari marabahaya.

Selain itu dilimpahkan rezeki pula, baik mereka tengah berada di perantauan maupun mencari nafkah di desa. Usai memanjatkan doa, sesaji berupa kepala kambing ditanam di tengah kampung. Selain itu, empat kaki kambing, masing-masing ditanam di penjuru desa.

“Selain tolak bala terbebas dari segala rintangan dan bahaya, ritual bersih desa ini juga memohon dilimpahkan rezeki bagi seluruh warga desa. Tidak hanya itu, kami juga memanjatkan doa agar segera dikirim hujan,” ujar Suyono, selesai melakukan ritual bersih desa.

Ketua paguyuban perantauan Jatiarum di Jakarta, Sugino mengungkapkan, bersih desa dilakukan setiap tahun bertepatan dengan Sura. Selain ritual kenduri dan sesaji menyembelih kambing, juga dilakukan pementasan wayang kulit dengan lakon Rama Tambak.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge