0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PB XI Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Dok.Timlo.info/ Arin)

Solo – Pengageng Kusumawandawa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Puger menyatakan siap mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo. Surat itu berisi permohonan untuk mengangkat Raja Solo, Paku Buwono XI (PB XI) menjadi pahlawan nasional.

“Saya akan mencoba menghubungi pemerintah melalui surat untuk bisa menanggapi usulan ini,” katanya, usai memimpin doa bersama peringatan berdirinya Keraton Kasunanan bertepatan dengan Hari Pahlawan, Senin (10/11).

Menurut KGPH Puger, PB XI layak dinobatkan menjadi pahlawan nasional. Hal itu berdasarkan  perannya sebagai sosok turut mendukung pemerintahan NKRI di masa proklamasi kemerdekaan.

“PB XI memerintah pada 1938 sampai 1945. Pada 1945 itulah beliau secara terbuka menyatakan dukungannya dan bergabung di bawah pemerintahan NKRI,” jelasnya.

Selain PB XI, KGPH Puger mengatakan bakal mengusulkan juga pemberian gelar pahlawan kepada pendahulunya PB X atas dukungan politik diberikannya semasa perang kemerdekaan. Selain itu ada usulan juga bagi PB XII atas dukungan material dan sumberdaya manusia.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge