0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Krisis Air, Warga Selo Butuh Bantuan

Pengirima air bersih di lokasi kekeringan (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali – Krisis air bersih masih menghantui warga di lereng Merapi-Merbabu, khususnya warga Desa Samiran, Kecamatan Selo. Paling tidak hingga sebulan ke depan, masyarakat masih sangat membutuhkan bantuan air bersih. Sementara itu, bantuan air bersih datang dari grup motor Pengging, Kecamatan Banyudono, Senin (10/11).

Menurut tokoh masyarakat Samiran, Satari (65), sebanyak enam tangki berkapasitas 6000 liter air bersih disalurkan grup motor itu. Bantuan langsung didistribusikan ke masyarakat, menyusul surutnya mata air di sekitar Merapi-Merbabu beberapa waktu ini.

“Bantuan langsung kami bagikan ke sekitar 500 kepala keluarga di sejumlah dukuh yang ada di Samiran,” ungkapnya.

Meski sudah memperoleh bantuan air bersih enam tangki, namun pasokan air itu hanya cukup untuk beberapa hari ke depan. Diperkirakan hingga satu bulan mendatang, krisis air di kawasan Merapi-Merbabu masih terus berlangsung.

Pasalnya hingga saat ini hujan belum juga turun, sehingga debit air di mata air atau tuk belum bisa mengalir secara normal. Terkait ini warga berharap datang bantuan lagi dari berbagai pihak, baik swasta maupun dari pemerintah kabupaten.

Sementara itu. perwakilan grup motor Pengging, Luwarno, mengatakan bantuan air bersih diserahkan menyusul keprihatinan atas krisis air menimpa warga Selo. Bantuan itu merupakan hasil iuran anggota grup motor, terdiri dari berbagai profesi.

“Sementara ini kami baru bisa mengirimkan enam tangki, semoga nanti bisa mengirimkan lagi di kemudian hari,” katanya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge