0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Keraton Solo akan Beri Penghargaan kepada Pahlawan

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menggelar doa untuk para pahlawan (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo —  Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat secara khusus menggelar doa bersama dalam peringatan Hari Pahlawan. Peringatan itu digelar di Sitinggil Kidul Alun-alun Selatan Kota Solo, Minggu (9/11) kemarin.

Acara yang dipimpin langsung oleh Pengageng Kusumawandawa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Puger tersebut digelar untuk mendoakan para leluhur yang telah gugur di medan pertempuran. Selain itu acara doa dan tahlil tersebut juga memohon keselamatan bagi bangsa dan negara Indonesia.

“Acara kemarin malam itu untuk mendoakan leluhur kita. Banyak dari leluhur kita yang gugur di medan pertempuran saat melawan Belanda. Di antaranya ada Pangeran Diponegoro, Sultan Agung Hanyokrokusumo, Pangeran Mangkubumi,
Pangeran Samber Nyawa (Mangkunegara I) dan lainnya,” ungkapnya kepada Timlo.net, Senin (10/11) siang.

Lebih lanjut Puger menjelaskan banyak dari pahlawan tersebut sudah tidak dikenal lagi oleh generasi penerus, padahal pada masanya para tokoh itu berkontribusi besar terhadap berdirinya Republik Indonesia. Puger juga menjelaskan bahwa pihaknya juga akan mengajukan permohonan kepada pemerintah untuk memberikan penghargaan kepada beberapa pahlawan dari Solo.

“Kami juga mengusulkan kepada pemerintah untuk bisa memberikan penghargaan kepada leluhur yang berkontribusi besar terhadap kemerdekaan Indonesia. Karena tanpa leluhur ini, tidak akan ada proses kemerdekaan Indonesia,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge