0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Soal Kolom Agama Pada KTP, Menteri Agama Buka Suara

KTP Elektronik atau e-KTP (dok.timlo.net/redaksi)

Timlo.net – Pro dan kontra pengosongan kolom agama dalam Kartu Tanda penduduk (KTP) membuat Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin angkat bicara.

“Sebenarnya bukan pengosongan yang dikehendaki, tapi kolomnya tetap, cuma kan di Indonesia hanya agama yang enam itu yang diatur, lalu untuk mereka yang memiliki selain enam agama ini bagaimana?” kata Lukman, Senin (10/11).

Dirinya mengaku ingin mengakomodir seluruh hak warga negara. Sehingga pemerintah akan membuat undang-undang untuk melindungi hak warga negara dalam berkeyakinan.

Selama ini, warga Indonesia yang memiliki agama yang tidak terdaftar harus mengisi kolom agama sesuai dengan agama yang terdaftar, hanya sekedar memenuhi hal administratif.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa pengosongan kolom agama di KTP hanya untuk yang memiliki agama yang tidak terdaftar.

“Apakah orang yang di luar enam agama itu tidak boleh punya KTP? Padahal KTP itu macam-macam urusannya, pengosongan itu adalah masukan dari mereka,” kata Tjahjo. [war]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge