0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas! Tawangmangu Rawan Longsor

Kawasan Tawangmangu, Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Memasuki awal musim penghujan, warga lereng Gunung Lawu, khususnya Tawangmangu, Karanganyae diminta untuk waspada jika sewaktu-waktu terjadi longsor akibat hujan deras. Kawasan Tawangmangu dan sekitarnya memang salah satu daerah yang termasuk rawan longsor.

“Beberapa hari ini di Tawangmagnu sudah mulai turun hujan, maka kita memberikan pemahaman agar mereka lebih hati-hati dan bersiap untuk langkah antisipasi di musim hujan. Masyarakat tawangmangu kita minta menggunakan ilmu titen untuk mengetahui tanda-tanda awal terjadinya longso,” ungkap Camat Tawangmangu, Titik Umarni, ditemui Timlo.net, usai lomba paduan suara SKPD di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (10/11).

Titik menambahkan, sejumlah wilayah di Tawangmangu perlu ekstra hati-hati dan waspada terhadap ancaman tanah longsor. Umumnya, wilayah tersebut sebelumnya kerap menjadi langganan tanah longsor akibat kondisi lingkungannya.

“Misalnya di Gondosuli dan Guyon, itu wajib waspada. Apalagi di Guyon ada salah satu kampung yang dulunya pernah ada tanah amblas. Demikian juga dengan Blumbang, itu juga agak waspada. Tawangmangu rata-rata kan daerah perbukitan jadi memang seperti itu,” sebutnya.

Untuk itu, pihaknya melakukan langkah antisipatif guna menghadapi kemungkinan terburuk adanya tanah longsor. Termasuk dengan menggandeng masyarakat sekitar.

“Kita menanam sejumlah tanaman keras yang akarnya bisa memperkuat tanah agar tidak longsor,” jelas Titik.

Di sisi lain, sejumlah relawan macam  Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM), Anak Gunung Lawu (AGL) sejauh ini sudah berjaga-jaga di sejumlah lokasi. Mereka siaga selama 24 jam penuh sembari berjaga-jaga apabila terjadi peristiwa.

“Relawan sudah oke dan stand by. Masing-masing berada di posko untuk berjaga-jaga,” tambahnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge