0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT ke-270 Keraton Solo Diperingati Secara Sederhana

Peringatan berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Kesederhanaan terpancar dalam acara memperingati berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat hari ini, Senin (10/11). Tidak ada acara khusus memperingati ke 270 tahun tersebut. Hanya saja terlihat ratusan kerabat, sentana dan abdi dalem khusuk membacakan doa dan shalawat di Sasana Handrawina.

Seluruh penganggeng keraton turut hadir dalam acara tersebut, dengan mengenakan pakaian adat Jawa, di ruang yang biasa digunakan raja untuk jamuan makan para tamu itu. Tak ada perayaan mewah, hanya lantunan doa yang menjadi peringatan agung ini.

“Semua kerabat turut hadir dan nyengkuyung (membantu) pelaksanaan peringatan Wilujengan Hadeging Karaton Surakarta Hadiningrat ini,” ungkap Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KP
Winarnokusumo.

Pria yang akrab disapa kanjeng Win tersebut mengatakan, dalam hitungan tahun Jawa, Keraton Surakarta atau negara Surakarta sudah berusia 278 tahun karena didirikan pada 17 Sura Je 1670. Namu jika dihitung tahun Masehi Keraton Surakarta sudah berusia 270 tahun.

“Peringatan ini adalah peringatan berdirinya Keraton Surakarta sekaligus perpindahan Kraton dari Kartasura menuju Surakarta,” katanya.

Lebih lanjut Winarno berharap ke depannya Keraton Surakarta selalu menjadi punjer (pusat) budaya Jawa dan ketentraman serta  kemakmuran bagi masyarakat luas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge