0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Pahlawan di Karanganyar

Bupati: Teladani Perjuangan Pangeran Sambernyawa

Tabur bunga di TMP Dharma Tunggal Bakti Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Upacara bendera memperingati Hari Pahlawan ke 68 di Karanganyar, Senin (10/11) dipimpin langsung Komandan Kodim 0272/Karanganyar Letnan Kolonel Marthen Pasunda. Upacara yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Dharma Tunggal Bakti berlangsung khidmat.

Dalam amanatnya, Dandim mengimbau kepada seluruh warga negara Indonesia agar tetap terus menjunjung tinggi nilai-nilai kepahlawan yang telah dicontohkan oleh para pendahulu dalam membela Tanah Air. Dandim juga berharap warga negara Indonesia terutama warga Karanganyar dapat mengimplementasikan semangat para pahlawan dalam kehidupan sehari hari dalam mengabdi kepada masyarakat.

“Semangat perjuangan para pahlawan hendaknya bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari setiap individu warga negara Indonesia. Semangat pantang menyerah dan gigih merupakan semangat yang wajib dipunyai untuk membangun bangsa Indonesia,” tegas Dandim.

Usai upacara, Dandim memimpin tabur bunga di pusara para pahlawan dan diikuti seluruh peserta upacara. Bupati Karanganyar Juliyatmono yang ditemui usai upacara mengatakan, dalam lingkup Karanganyar, Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa merupakan pahlawan yang wajib diteladani semangat kepahlawanannya. Selain sebagai pendiri Kabupaten Karanganyar, perjuangan beliau menghadapi penjajah Belanda merupakan inspirasi bagi pemuda untuk bekerja tanpa kenal lelah demi kemajuan bangsa.

“Perjuangan Pangeran Sambernyawa patut kita teladani, inspirasi bagi pemuda,” kata Juliyatmono.

Di sisi lain, sejumlah pelajar yang mengikuti upacara terpaksa digotong keluar dari arena upacara karena tidak tahan terhadap teriknya matahari. Bahkan beberapa di antaranya pingsan. Fira, salah satu pelajar yang harus digotong keluar mengaku belum sarapan sebelum mengikuti upacara. “Takut terlambat jadi nggak sempat sarapan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge