0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Tahun Kandas, Pembangunan Underpass Kembali Diusulkan

Underpass Makamhaji, Kartasura yang kini sudah dioperasikan (Dok.Timlo.net/ Sahid B Susanto)

Solo – Sejak diusulkan 2011 silam, pembangunan empat underpass di Kota Solo belum juga terealisasi. Hingga kini, pemerintah pusat tak kunjung merealisasikan anggaran pembangunan underpass usulan pemerintah kota (Pemkot) itu.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informastika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedradjat, mengatakan meski beberapa tahun terakhir usulan pembangunan underpass selalu mentah tidak membuatnya kapok. Baru-baru ini, dirinya bersama Walikota Hadi Rudyatmo kembali mengusulkan pembangunan underpass ke Kementerian Perhubungan.

“Kemarin baru kami usulkan lagi. Saya bersama Pak Wali (Walikota Hadi Rudyatmo) menemui Menteri PU (Pekerjaan Umum) dan Menteri Perhubungan. Kemarin kan anggarannya di drop semua,” katanya kepada Timlo.net, saat ditemui di sela Jalan Sehat Kemanusiaan di Lapangan Kota Barat, Minggu (9/11).

Menurut Herman, realisasi anggaran empat underpass itu tinggal menunggu ketersediaan anggaran dari Pemerintah Pusat. Hal ini karena detail engineering design (DED) sudah ditangan pemerintah pusat sejak 2011. Empat pembangunan underpass diusulkan itu, antara lain perlintasan Purwosari, perlintasan Manahan, perlintasan Pasar Nongko dan viaduct Gilingan.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto, mengatakan proyek-proyek besar semacam underpass memang mengandalkan anggaran dari pemerintah pusat. APBD Solo jelas tidak mampu membiayai proyek-proyek itu lantaran minimnya keuangan daerah.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge